fbpx
Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Belajar Elektronika Dari Rumah – Bagian 2. Mengenal ke 5 Jenis Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika

Belajar Elektronika Dari Rumah – Bagian 2. Mengenal ke 5 Jenis Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika

Belajar Elektronika Dari Rumah – Bagian 2. Mengenal ke 5 Jenis Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika merupakan kelanjutan artikel di bagian 1 . Di bagian pertama membahas sedikit tentang pengetahuan umum spektrum keahlian SMK. Yang intinya jika belajar elektronika kita dalam rumpun pendidikan yang mana sesuai regulasi pemerintah.

belajar elektronika dari rumah

Karena banyaknya keahlian yang bercabang saat ini maka diperlukan pembagian bidang keahlian. Menjawab pertanyaan, mau belajar elektronika mulai dari mana terlebih dahulu? diakhir artikel bagian pertama maka sekarang kita akan membahas tujuan anda belajar elektronika. Apa goal anda menekuni keahlian ini? Lebih jelasnya begini, ketika anda ahli dibidang anda maka anda:

  1. Mau kerja dimana?
  2. Mau membuat produk apa?
  3. Mau membuka usaha jasa apa?
  4. Mau menjadi pegawai negeri/swasta di organisasi mana?

Tahap awal ini sangat penting anda ketahui agar kedepannya bisa lebih fokus untuk belajar dan mengembangkan ide-ide yang produktif. Di SMK pun diarahkan ketujuan tersebut di atas dan biasanya ada tujuan mau melanjutkan study atau kuliah dimana. Sebagai bayangan saja diartikel Belajar Elektronika Dari Rumah – Bagian 2 ini akan sedikit membahas tentang pengenalan lebih detail kelima jenis kompetensi keahlian elektronika ini.

Teknik Audio Video

Jurusan teknik audio video bertujuan mendidik siswa untuk menjadi tenaga profesional dibidang audio video seperti membuat dan merancang perangkat audio, pengoperasian dan instalasi perangkat audio video, perbaikan atau service perangkat audio video juga keterampilan dalam recording dan editing audio video.

belajar elektronika dari rumah

Secara umum tujuan keahlian ini adalah seputaran perangkat audio dan video. Apa saja yang termasuk perangkat audio dan video? Umumnya orang awam seperti orang tua yang non teknik bingung tentang jurusan ini. Dulu nama keahlian elektro atau elektronika atau listrik yang mereka ketahui.

Yang termasuk perangkat audio seperti berikut ini:

  • Radio rumah atau mobil
  • Tape rumah atau mobil
  • Amplifier / pengeras suara / sound sistem
  • Speaker Aktif
  • Mikrophone / mic
  • Pemancar Radio / mic wirelles
  • Sound recording / music / studio rekaman
  • Audio mobil
  • Mixer / equaliser / parametrik dll
  • Box speaker unit
  • Audio Home Theater
  • dll

Untuk perangkat video diantaranya:

  • Televisi /LED/LCD/CRT/Plasma
  • DVD / VCD
  • CCTV
  • Handycam / kamera foto / video recorder
  • LCD proyektor
  • Video mobil unit
  • Antena / parabola
  • dll

Mata pelajaran atau materi ajar sesuai kompetensi keahlian (materi profesionalnya) Teknik Audio Video sesuai kurikulum 2013 diantaranya:

  1. Pelajaran pemrograman, mikroprosesor dan mikrokontroler, yaitu pelajaran tentang membuat algoritma pemrograman menggunakan komputer atau istilah sekarang adalah coding. Mikroprosesor dan mikrokontroler adalah pelajaran tentang otak pengendali digital yang bisa diprogram menggunakan code tersebut. Jadi semua perangkat elektronika digital saat ini menggunakan unit pengendali ini. Jadi kompetensi ini hampir disemua jurusan akan dibahas saat ini bukan hanya Teknik Elektronika saja.
  2. Pelajaran penerapan rangkaian elektronika, yaitu pelajaran tentang rangkaian-rangkaian elektronika baik analog dan digital arus lemah dan sensor-sensor pengendali.
  3. Pelajaran perencanaan dan instalasi audio video, yaitu pelajaran tentang perencanaan, perancangan, pembuatan dan instalasi sistem audio video ruangan, audio video mobil, audio video outdoor / arena,  pembuatan rekaman audio video shooting, dan juga perencanaan pemasangan CCTV.
  4. Pelajaran penerapan sistem radio dan televisi, yaitu pelajaran tentang konsep dasar penerima radio dan penerima televisi, cara kerja perangkat, analisis rangkaian perangkat dan merakit perangkat radio dan televisi.
  5. Pelajaran perawatan dan perbaikan peralatan audio video, yaitu tentang maintenance / service peralatan radio, TV, CD player, dan video recorder mulai dari tahap analisis dasar sampai ekspert.
  6. Produk kreatif dan kewirausahaan merupakan pelajaran yang terbaru saat ini. Sesuai dengan tujuan nasional untuk menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Pelajaran yang mengusung konsep mandiri berwiraswasta, menciptakan ide baik produk maupun jasa dari prototype sampai produk siap dipasarkan, dasar administrasi dan marketing usaha maupun proyek untuk pemasaran, sampai tata cara pengaturan keuangan akan dibahas disini.

Dari sekian mata pelajaran, anda harus fokus menjadi terbaik sesuai kemampuan dan minat bakat anda. Sehingga belajar elektronika dari rumah lebih menantang dan tertunya lebih cepat menghasilkan produk maupun jasa. Kita contohkan seperti analogi cerita berikut.

Siapkan Tujuanmu Sebelum Belajar Elektronika Dari Rumah

Seorang anak mempunyai cita-cita / tujuan untuk bisa menjadi seorang video editing yang profesional dan juga seorang youtuber. Nah jika memilih jurusan Teknik Audio Video tentu akan sangat tepat karena ada bidang yan gbisa menjadi lebih fokus seperti pelajaran simulasi digital (C2) dan pelajaran perencanaan dan instalasi audio video (C3) juga jika ingin mandiri mengembangkan jasa sendiri pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan menjadi penunjangnya. Video editing menggunakan software profesional untuk preweding mantenan, rekaman video profesional lainnya. Sangat banyak saat ini memerlukan kemampuan video audio editing ini. Selengkapnya tentang pelajaran kompetensi isi bisa diunduh melalui laman ini https://drive.google.com/file/d/1pMqD1wbQmy6BVSyQufE6ENUYBqI2_2GO/view

Berikut review dari youtuber tentang jurusan Teknik Audio Video dan profesi yang bisa digeluti dari jurusan ini.

Bagaimana sudah ada pandangan tentang jurusan Teknik Audio Video melalui belajar elektronika dari rumah? Nah selanjutnya adalah seluk-beluk jurusan Teknik Elektronika Industri.

 

0Shares

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.