Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Cara Membuat Kapasitor Bank

Cara Membuat Kapasitor Bank

Apa Itu Kapasitor Bank?

Pernah anda mendengar komponen kapasitor? Kapasitor banyak di temukan pada rangkaian elektronika radio, televisi, adaptor, charger aki HP, pada kulkas, AC dll. Kapasitor jenisnya juga bermacam-macam menurut bahannya. Nah kapasitor bank terbuat dari kapasitor berbahan elektrolit. Jika penulis artikan kapasitor bank adalah kumpulan dari beberapa kapasitor yang dirangkai secara paralel. Cara membuat kapasitor bank perlu tahu juga fungsi dari kapasitor bank itu sendiri.

Fungsi Kapasitor Bank

Cara membuat sebuah kapasitor bank bisa menggunakan sebuah kapasitor elektrolit yang mempunyai kapasitas cukup besar. Sebelum itu penulis jelaskan fungsi kapasitor bank. Kapasitor fungsinya sebagai penyimpan energi sementara sesuai dengan kapasitasnya. Kapasitas kapasitor disebut dengan Farad. Nah kapasitor bank fungsinya sebagai penyimpan energi listrik dengan kapasitas cukup besar. Karena terdiri dari beberapa kapasitor sehingga kapasitasnya besar. Kapasitas yang baik adalah kapasitor 1 Farad tapi harganya selangit juga. Cara membuat kapasitor bank sangat sederhana yaitu memparalelkan kaki-kaki kapasitor seperti gambar berikut.

Cara Kerja Kapasitor Bank

Cara kerja kapasitor bank pada cara membuat kapasitor bank harus sesuai dengan rangkaian yang digunakan. Kapasitor bank dapat digunakan pada rangkaian DC dan AC. Jika rangkaian DC kapasitor bank dirangkai sesuai gambar di atas. Polaritas positif dan negatif harus sama. Sedangkan untuk rangkaian DC kapasitor bank dipasang tanpa memperhatikan polaritas kaki kapasitor. Lihat gambar cara membuat kapasitor bank AC berikut.

cara membuat kapasitor bank

Apa perbedaan fungsi dari kapasitor bank DC dan AC? Pada rangkaian DC kapasitor bank banyak diaplikasikan pada audio mobil fungsinya agar bass sub woofer bisa maksimal. Kapasitor bank rangkaian AC fungsinya agar peralatan elektronik induksi seperti kulkas, AC, mesin cuci, pompa bekerja secara maksimal.

Ada yang mengatakan bahwa kapasitor bank AC agar listrik bisa lebih hemat. Kapasitor bank sendiri secara teoritis fungsinya agar arus listrik tidak tertinggal jauh dari tegangan. Jadi saya belum bisa memastikan bahwa kapasitor bank AC bisa menghemat listrik PLN.

Jika kapasitor bank DC fungsinya bisa untuk sepeda motor juga dirangkai paralel dengan aki anda. Fungsinya agar aki lebih tahan lama saat starter awal daya bisa diambilkan dari kapasitor.

Cara Memasang dan Merakit Kapasitor Bank Pada Motor dan Listrik

Cara membuat kapasitor bank AC maupun DC rangkaiannya sama hanya saja jenis kapasitor, sumber arus dan bebannya saja yang berbeda. Berikut bisa saya gambarkan rangkaian cara membuat kapasitor bank AC dan DC.

Dalam membuat kapasitor bank perlu memperhatikan voltase dari kapasitor. Saran penulis cara membuat kapasitor bank DC gunakan kapasitor kapasitas 10.000 uF/50V atau kapasitas yang lebih besar. Untuk kapasitor bank AC gunakan diatas 15 uF/400V.

Cara Membuat Kapasitor Bank
Written by: admin
Rating: 4.8

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.