fbpx
Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Cara Membuat UPS sendiri di rumah untuk listrik darurat

Cara Membuat UPS sendiri di rumah untuk listrik darurat

Cara Membuat UPS sendiri di rumah. Sumber daya listrik di rumah dipasok oleh PLN dari pembangkit tenaga listrik yang dayanya ribuan watt. Rata-rata daya listrik rumah tangga berkisar 450 watt, 900 watt, 1500 watt, 2000 watt, 2500 watt dan seterusnya. Daya listrik di rumah memakai satuan KWH (Kilo Watt Hours) atau watt-jam. Bisa kita analogikan jumlah akumulasi pemakaian listrik selama 1 jam.

Misalnya anda mempunyai lampu dengan daya 10 watt. Jika dipakai selama 8 jam atau semalaman maka daya yang dihabiskan oleh lampu adalah 80 watt-jam. Biaya pemakaian listrik PLN di tahun 2021 sebesar  R-1/ Tegangan Rendah (TR) berdaya 900 VA, Rp 1.352 per kWh, kita ambil saja Rp 1.400 per 1000 watt-jam, wah murah banget ya dibandingkan dengan pemakaian lampu tadi. Jika hanya daya lampu saja kita sudah banyak punya pasokan listrik, tapi jika mempunyai peralatan daya besar seperti AC 1pk yang berdaya 700 watt dan dipakai selama 4 jam maka daya yang terpakai 2800 watt-jam atau 2.8 kWh. Jadi anda bisa menghitung-hitung sendiri berapa anggaran listrik per hari dan per bulannya.

Nah lain cerita di atas, bagi anda yang bertempat tinggal jauh dari sumber tenaga listrik yang stabil tentunya akan sering mengalami pemadaman sampai 2 – 3 jam bahkan bisa sampai seharian. Akibatnya aktivitas anda terganggu, disaat sama sekali tidak ada sumber energi lain maka anda akan sangat terganggu karena jaman sekarang semua serba listrik. Dari masalah inilah saya belajar membuat sebuah pembangkit listrik kecil yang hanya untuk darurat saja. Dikeseharian kita kenal dengan nama UPS (uninterruptible power supply) atau kita terjemahkan secara bahasa sehari-hari UPS adalah sumber listrik yang tidak terganggu oleh sumber daya utama / PLN walaupuna PLN padam UPS akan terus mensuplai listrik sementara tanpa gangguan. Untuk itulah saya menulis cara membuat UPS sendiri  di rumah untuk keadaan darurat.

Blok diagram UPS dan cara kerjanya

Sebelumnya sudah dijelaskan di atas fungsi dari UPS sebagai listrik darurat atau listrik cadangan maka UPS hanya berfungsi saat listrik utama PLN padam. Ada peralatan pemindah tenaga pada UPS seperti sakelar tukar yang bekerja dengan cepat, biasanya memakai relay atau kontaktor. Dilihat dari blok diagram UPS ada 2 jenis UPS yaitu UPS online dan UPS offline seperti blok diagram UPS berikut ini.

blok diagram UPS Cara Membuat UPS sendiri di rumah

Cara kerja UPS offline sedikit berbeda dengan UPS online. Offline artinya power dari inverter tidak terhubung ke beban (lampu, peralatan elektronik lainnya) saat listrik PLN masih menyala. Sebaliknya baru akan terhubung saat PLN mengalami pemadaman. Online artinya power inverter selalu terhubung dengan listrik PLN baik saat listrik menyala maupun padam. Selain 2 metode ini ada beberapa metode lagi salah satunya yaitu UPS line interaktif seperti blok diagram UPS berikut ini.

Dari perbedaan tersebut anda mungkin bisa melihat kelebihan dan kelemahan dari masing-masing blok diagram UPS. Untuk kali ini kita akan gunakan blok diagram UPS metode offline sebagai sumber cadangan listrik. Dan hanya untuk peralatan yang tidak mempunyai resiko tinggi akibat pemadaman yang tiba-tiba. Selanjutnya kita akan mencoba memberikan gambaran rangkaian cara membuat UPS sendiri di rumah dengan kualitas output hampir sama dengan PLN yaitu sine wave / gelombang sinus frekuensi 50 Hz.

Rangkaian UPS menggunakan arduino output sine wave

Tahap awal sebelum membuat UPS adalah rangkaian UPS itu sendiri. Dalam tutorial ini kita akan menggunakan rangkaian UPS berbasis arduino. Sebagai kendali utamanya dan trafo CT bekas UPS sebagai penaik tegangannya.

Cara Membuat UPS sendiri di rumah

Penjelasan rangkaian UPS akan berlanjut pada Cara Membuat UPS sendiri di rumah untuk listrik darurat bagian 2.

0Shares

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.