iklan banner web
Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Cara memperbaiki aki kering Anda dengan aman menggunakan alat desulfator

BAGAIMANA BISA AKI SOAK BISA NORMAL KEMBAL I……

SILAHKAN BACA ULASAN BERIKUT INI …..

cara memperbaiki aki kering

cara memperbaiki aki kering

Pemanfaatan energi listrik secara global pada peralatan elektronika khususnya menyebabkan diperlukannya beberapa sumber energi listrik. Kita mengetahui bahwasanya sumber energi listrik utama kita berasal dari listrik negara PLN (Perusahaan Listrik Negara) yang untuk daerah kota-kota besar masih sangat cukup ketersediaannya. Bagaimana dengan kota-kota kecil dan terpencil? sudah kalian ketahui sangat minimnya mereka mendapatkan sumber energi listrik dari PLN. Maka dari itu mereka menggunakan sumber energi alternatif lain seperti listrik tenaga surya atau matahari. Nah sumber energi listrik ini tidak mampu menyimpan listrik dalam waktu lama hanya mampu menghasilkan listrik saat ada sinar matahari. Diamana mereka menyimpan energi listrik tersebut? pertanyaan yang kritis bukan. Benar sekali listrik disimpan di dalam aki atau accumulator. Mungkin kalian pernah melihat baterai? baterai handphone anda mungkin, baterai kecil dan lain sebagainya. Prinsifnya sama dengan baterai hanya saja berbeda bahan.

Aki adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia (sumber: Wikipedia). Kapasitas aki ini ada bermacam-macam mulai dari 4AH sampai 200AH, AH ( Ampere Hour ) artinya aki dapat mengeluarkan arus maksimal 200 Ampere per Jam. Pengetahuan tentang aki silahkan cari sendiri yah di mbah google sangat banyak. Aki ini telah menjadi bagian daripada peralatan elektronika dan industri khususnya industri otomotif sebagai sumber energi listrik utamanya. Juga oleh para pengguna listrik dipedalaman mungkin ini sumber energi utamanya juga.

Aki dapat diisi lagi dengan cara proses charging atau dicas menggunakan sebuah charger biasanya menggunakan transformator dan dioda. Ada juga charger aki otomatis yang lebih baik yang dapat memutus arus pengisian saat aki telah penuh. Aki dipakai dan dicas berulangkali menyebabkan elemen aki cepat rusak atau cairan aki berkurang. Kalau cairan aki berkurang bisa ditambahkan lagi dengan air sulfur ini salah satu cara memperbaiki aki basah. Jika aki kering anda rusak bisa juga dengan menambahkan air sulfur dan high voltage charger yang merupakan cara memperbaiki aki kering anda.

  • Bagaimana jika aki anda rusak, tidak bisa dicas ulang, arus mengecil, tegangan drop sampai 3V bahkan 0V dari normalnya 12 – 13,8V?
  • Apakah anda mempunyai aki yang telah lama tidak dipakai? itu juga akan mengalami penurunan daya aki karena proses sulfation.
  • Atau saat anda mengisi aki dengan charger arusnya bukannya turun malah naik terus
  • Aki cepat drop, dan aki tidak bisa dipakai starter motor atau mobil
  • Dan yang lainnya, aki yang normal saat diisi beban besar voltase turun tidak lebih dari 11V. Jika lebih dari itu maka aki sudah agak rusak jika sampai 0V maka aki sudah sangat parah.

Nah….mungkinkah aki-aki yang telah rusak tersebut bisa kita perbaiki lagi? Jika bisa akan sangat bermanfaat dalam menghemat pengeluaran, karena harga aki sekarang relatif mahal bukan. Aki yang banyak digunakan sekarang seperti aki kering dan aki basah.

Bagaimana cara memperbaiki aki kering anda yang telah rusak?

Banyak diantara sobat pembaca bertanya bagaimana cara memperbaiki aki kering yang telah lama rusak ataupun soak. Biasanya cara memperbaikinya dengan memberikan cas tegangan dan arus yang tinggi menggunakan charger yang besar sampai elemennya mau bangun lagi. Tetapi cara ini tidaklah efektif karena bisa membuat elemen aki bengkok dan bahkan aki dapat meledak dan sangat berbahaya bagi anda juga. Saya sendiri tidak menyarankan anda melakukan cara ini. Cara lain yang tepat adalah dengan menggunakan denyut tegangan tinggi sampai 30 – 50V tetapi dengan arus yang rendah sekitar 600 mA. Bukan arus yang konstan tetapi menggunakan arus pulsa dengan frekuensi yang masih diterima aki dari 2Mhz sampai 6Mhz. Dengan menggunakan getaran cepat ini maka aki yang rusak karena tertempelnya zat-zat pada elemen aki menghilang. Proses ini nama desulpation. Apa itu proses desulphation? Berikut anda bisa simak potongan paragraf di bawah ini.

Desulfator adalah peralatan elektronik yang dapat membuat belerang menjadi sifat kebalikannya dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh pengkristalan belerang pada battery yang baru ataupun menghancurkan kristal belerang pada battery yang gagal.
Dalam 80% dari kasus kegagalan battery,alasan penyebab menurunnya daya battery adalah pengkristalan belerang  yang terjadi pada plat battery.

Jadi bagaimana kristalisasi belerang dapat muncul ?
Zat asam sulfat yang dihasilkan adalah suatu prose salami yang timbul selama proses pengecasan battery ataupun pada battery yang kosong sehingga lambat laun akan mengakibatkan penurunan daya battery,peningkatan hambatan listrik,menurunkan tegangan battery & akhirnya mengakibatkan kerusakan pada battery.

Pada saat battery digunakan timah dan plat dioksida timah bereaksi dengan asam belerang membentuk timah belerang dan air.
Reaksi kimianya:
Pb + PbO2 +2(H2SO4) → 2(PbSO4) + 2(H2O)

Battery akan dicas pada saat disambungkan pada alternator dikendaraan.Timah belerang dan air akan kembali menjadi timah.
Reaksi kimianya:
2(PbSO4) + 2(H2O) → Pb + PbO2 + 2(H2SO4)

Pada umumnya,battery pada mobil yang tidak dicas melebihi pada battery yang dicas seperti kendaraan anda yang sering diparkir lebih lama dibandingkan pada saat digunakan sehingga timah belerang & air dapat terbentuk dengan cepat dibandingkan pada saat zat tersebut kembali ke bentuk semula.

Battery yang tidak diisi dapat membentuk spons-spons lembut/busa-busa yang melengket pada lapisan dinding didalam battery,sementara itu kovalen yang kuat akan terbentuk diantara zat dan molekul belerang dan spons.Zat belerang akan berubah menjadi Kristal-kristal yang keras dan akan menghambat arus listrik pada waktu pengecasan sehingga akan mengakibatkan penurunan kapasitas pada battery. (sumber: http://www.electronmedan.net/produk.html?page=shop.product_details&flypage=flypage.tpl&category_id=13&product_id=39)

Bagaimana cara memperbaiki aki basah?

Cara memperbaiki aki basah sama juga caranya dengan cara memperbaiki aki kering diatas hanya saja aki basah dapat menggunaan zat khusus yang dapat merontokkan kerak hasil sulfation tadi. Zat ini disebut dengan EDTA yang merupakan bubuk untuk pengawet makanan. Bagaimana caranya silahkan lihat lebih lanjut di google ya….! Sekarang kita bahas cara yang paling simple dan jangka panjang untuk menjada aki tetap dalam keadaan sehat. Karena aki ini sangat emergency, bayangkan saja saat anda naik sepeda motor dan aki anda rusak atau soak? pakai stater kaki juga melelahkan. Ini sangat berguna untuk dipedalaman yang akinya cepat soak karena tiap hari harus dipakai.

Cara memperbaiki aki dengan alat desulfator

Desulfator menghasilkan getaran frekuensi yang tinggi sampai 2 Mhz sehingga dapat menghancurkan ikatan-ikatan kovalen yang kuat pada Kristal belerang dan mengembalikankan pada kedudukan semua sehingga aki dapat normal kembali dan dapat menyimpan kembali energi listrik dengan baik. Alat desulfator ini bekerja secara independen atau berdiri sendiri untuk menjada ketahanan aki anda. Untuk memperbaiki aki yang sudah soak dapat diinstalasi menggunakan charger yang dirangkai secara pararel. Pengetahuan lengkap tentang alat desulfator dan cara kerjanya dapat anda lihat pada artikel: Desulfator 12V.

Berikut adalah rangkaian desulfator yang kami jual, cukup kecil dan mampu menjaga agar aki anda tetap stabil.

20160914_201817

20160916_100236

20160914_194238

20160916_100248

Jika anda berminat untuk memiliki alat untuk memperbaiki aki kering atau basah silahkan hubungi kam di 085888833589.

10 Comments
  1. arman.gm3@gmail.com'
  2. mahfurungu50@gmail.com'
  3. kistam85@yahoo.co.id'
  4. ary.munawar@gmail.com'

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *