iklan banner web
Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Charger aki otomatis terbaru untuk sistem pengisian aki anda secara maksimal

Semangat pagi reader, terimaksih telah membuka website heybali dot com website khusus membahas produk-produk lokal terkhusus produk buatan sendiri. Keperluan akan sistem elektronika sangat besar untuk membantu pekerjaan kita sehari-hari. Teknologi semakin dipercanggih alasannya hanya satu yaitu hanya untuk mempermudah pekerjaan manusia. Seperti anda yang masih membaca artikel ini mungkin sedang mencari informasi mengenai sistem charger aki otomatis bukan? Oke tanpa panjang kali lebar saya akan memberikan anda sistem charger aki otomatis terbaru untuk sistem pengisian aki anda secara maksimal. Maksimal disini maksudnya adalah aki anda memang telah di charging sampai full charge secara otomatis dan aki anda selalu dipertahankan agar selalu optimal dayanya.

Sebelum beranjak ke rangkaian charger aki otomatis terbaru saya akan berikan sedikit pengetahuan tentang proses charger aki yang benar. Selama ini para jasa charger aki memanfaatkan hanya satu proses charging yang disebut dengan bulk charge yaitu sistem pengisian dengan arus dan tegangan yang konstan. Sistem bulk charge pada charger aki otomatis hanya bisa mengisi kapasitas baterai sampai 80% saja karena ada pembatas tegangan cut-off nya. Sistem ini banyak digunakan untuk sistem awal charger atau untuk pengisian aki secara cepat.

Setelah proses pengisian bulk charger selesai seharusnya dilanjut ke proses absorption charge yaitu proses charging dengan tegangan yang tetap dan arus yang menurun. Jadi setelah arus konstan pada bulk charge misalnya 5 A maka dituunkan menjadi sekitar 1 -2 A dengan tegangan tetap 15V.

Selanjutnya adalah proses float charge yaitu sistem charger yang akan terus mempertahankan aki pada level tegangan 13.8 – 15V biasanya menggunakan denyul atau pulsa secara kontinyu.

Ketiga sistem inilah yang akan saya perkenalkan kepad anda melalui artikel charger aki otomatis terbaru ini. Lihat grafik sistem proses charging aki berikut ini.

sensor arus charger aki ototmatis

Rangkaian charger aki otomatis memakai sensor arus

Sistem yang pertama yaitu bulk charge yang dapat berfungsi secara otomatis rangkaiannya bisa anda lihat di artikel berikut:

Baca : Rangkaian charger aki ototmatis digital CHARGERINO BASIC

Nah untuk proses absorption charge menggunakan sensor arus untuk membatasi proses pengisiannya. Berikut adalah charger aki otomatis terbaru menggunakan sensor arus berupa resistor shunt. Cara kerja rangkaian di bawah ini adalah membaca aliran arus yang masuk dari charger atau trafo ke aki. Arus di batasi kira-kira dai 100 mA – 500 mA maka relay akan putus kalau diatas range tersebut relay akan tetap aktif menyambungkan charger ke aki. Kita tahu bahwa aki yang telah penuh arus yang mengalir ke aki akan semakin kecil. Lihar gambar rangkaian berikut ini. Gambar telah dikembangkan ke versi digital.

sensor arus charger aki otomatis

Rangkaian Desulfator untuk sistem charger aki otomatis terbaru

Langkah terakhir adalah proses float charge dimana alat akan mempertahankan tegangan aki dalam keadaan full sekitar 13.8 sampai 15V (karena tiap aki berbeda-beda). Rangkaian yang dipakai adalah desulfator yang mirim dengan rangkaian trikle charge yaitu memberikan pulsa arus dan tegangan secara berkala. Selain untuk proses pengisian juga dapat menjaga aki dari kerusakan seperti cepat melemah dayanya. Selengkapnya tentang desulfator silahkan baca artikel berikut.

Baca: Desulfator untuk memperbaiki aki yang rusak

Demikian artikel saya, saya sangat berterimaksih anda telah membaca artikel ini sampai akhir paragraf. Silahkan berkreasi di rumah. Jika anda ingin memiliki ketiga sistem charger ini kami menyiapkan 3 kit/modul yang telah kami produksi yaitu:

  1. Rangkaian modul charger aki otomatis auto cut-off 12V (bulk charge)
  2. Rangkaian modul sensor arus auto cut-off (absorption charge)
  3. Rangkaian modul desulfator 12V (float charge)

Cara pemesanan:

Kirimkan SMS ke no 085 88 88 33 589 dan tulislah…

Nama : ………………

Alamat lengkap (dusun, desa, kecamatan, Kab, kode pos) : ………….

Produk yang diorder: ………………….

Jumlah: ………………….

Setelah kami menerima SMS dari anda, kami akan mengirimkan total pembayaran dan no rekening untuk proses transaksi selanjutnya.

 

Best regard,

Tim Heybali dot com

 

 

One Comment
  1. nur_hendratmoko@yahoo.com'

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *