Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Jasa Pembuatan Rangkaian Charger Aki Otomatis

Charger Aki Otomatis

Penyebab terjadinya kerusakan aki atau baterai anda salah satunya adalah karena over charge baterai atau kelebihan arus saat proses pengisian charger aki. Elemen dari aki baik kering maupun basah memiliki kapasitas pengisian berbeda-beda. Mulai dari 6V/2A, 12V/2A, 12V/6A atau ada yang sampai 24V/50A dan seterusnya. Kapasitas 6V/2A maksudnya adalah tegangan output 6 volt dan arus output 2 ampere dan jika anda melakukan charge aki disarankan tidak melebihi angka tersebut terutama tegangannya. Mungkian anda bertanya-tanya bagaimana membuat charger aki otomatis agar tidak over charge? berikut ulasan singkat dari saya.

charger aki otomatis

Perlu menjadi catatan penting sebelum mulai membuat rangkaian charger aki otomatis untuk memperhatikan kapasitas dan spesifikasi aki anda terlebih dahulu. Jika aki anda berkapasitas 100AH 12V maka arus charger yang diperbolehkan adalah 1/10 dari kapasitas aki yaitu 100/10 = 10A. Maka disarankan memakai charger aki otomatis dengan kapasitas arus 10A dan tegangan 15V. Kenapa charger harus melebihi kapasitas tegangannya yaitu 12V, karena aki dalam keadaan penuh tegangannya mencapai 13.8V – 14V.

Jika melebihi tegangan ini akai akan mengalami over charger sehingga aki panas dan mengakibatkan sel dalam aki cepat rusak. Maka perlulah anda membatasi dengan pemutus otomatis saat aki telah mencapai tegangan tersebut dengan charger aki otomatis. Intinya aki di cas dengan rentang waktu 10 jam dalam keadaan kosong. Anda bisa memperhatikan dengan seksama biasanya pada aki terdapat panduan berapa arus maksimal yang diijinkan saat proses pengisian aki.

 

Rangkaian Charger Aki Otomatis

Rangkaian charger aki otomati saya bagi menjadi 2 jenis yaitu charger aki otomatis analog dan charger aki otomatis digital. Seperti pada gambar di bawah ini adalah rangkaian charger aki otomatis analog dengan pembatas tegangan menggunakan dioda zener. Dioda zener adalah komponen aktif yang berfungsi sebagai regulator tegangan dengan nilai yang bervariasi mulai dari 2.4V, 2.7V, 3.0V, 3.3V, 3.9V, 4.3V, 4.7V dan sebagainya. Berikut adalah rangkaian charger aki otomatis sederhana menggunakan LM317 sebagai pengatur tegangan outputnya.

rangkaian charger aki otomatis

Cara kerja rangkaian charger aki otomatis pada gambar disamping bisa saya jelaskan sebagai berikut. Tegangan input (bisa transformator, solar cell) mengaliri rangkaian melalui dioda 1N4007 (sebelah kiri gambar) harus lebih besar minimal 2 – 3 volt dari aki yang akan diisi tegangannya. Misalnya aki HP anda 5.1 volt maka tegangan ini berkisar 7 – 8 Volt. Tegangan tersebut akan diregulasi oleh chip regulator LM317 yang terlebih dahulu diset sesuai dengan tegangan pada aki melalui Potensiometer 1K.

Dengan demikian tegangan output pada chip LM317 akan teregulasi dengan baik misalnya diset tegangan 6 volt (jangan terlalu besar dari tegangan aki). Tegangan akan mengisi aki sampai penuh. Ketika pengisian penuh, aki akan mengalirkan arus dan tegangan yang melebihi kapasitasnya. Jika ini dibiarkan maka aki akan cepat rusak karena panas. Untuk membatasi lonjakan tegangan ketika aki diisi penuh maka perlu rangkaian saklar otomatis yang akan memutus tegangan keluaran dari chip LM317. Tegangan output ke aki akan naik dari 6 volt menjadi 7 volt. Sebelum mencapai 7 volt yaitu pada tegangan 6,8 volt tegangan akan diputus oleh transistor (dengan short circuit).

Kenapa ketika tegangan mencapai 6,8 volt proses pengisian berhenti atau putus? karena basis transistor dalam keadaan aktif yang ditrigger (dipacu) oleh dioda zener dengan nilai ambang batas (break down) tegangannya 6,8 volt. Bisa diartikan ketika tegangan pada zener 6,8 volt maka pada dioda akan terjadi pengaktifan. Baca lagi tentang dioda zener.

Oleh karena pengisian aki ini disebut charger aki otomatis. Otomatis off charge ketika aki sudah penuh. Ini merupakan rangkaian yang sangat sederhana dan pada powerbank anda mungkin sudah lebih baik dengan adanya indikator lampu pengisian bahwa pengisian sudah penuh. Tetapi prinsip dasarnya adalah hampir sama dengan rangkaian charger aki otomatis ini.

Anda malas mencobanya sendiri, saya sediakan kit PCB beserta rangkaiannya yang siap anda gunakan di rumah. Perlu di pahami bahwa LM317 mempunyai batas kemampuan arus yang kecil kira-kira 2 Ampere maksimumnya sehingga rangkaian ini hanya untuk rangkaian charger aki otomatis dengan arus yang kecil mulai dari 2 A – 4 A. Perlu diketahui juga anda perlu mengubah nilai dari dioda zener sesuai dengan aki yang mau anda charge.

Jual Kit Rangkaian Charger Aki Otomatis

Benar sekali, jika anda mempunyai sumber daya seperti trafo atau catu daya lainnya dimana anda berencana dipakai untuk charger aki secara otomatis. Maka tepat sekali saya jual rangkaian charger aki otomatis untuk anda. Silahkan komentari web ini atau kirimkan email anda aki berapa volt yang ingin anda charge dan kami akan siapkan rangkaian ini untuk anda. Tenang saja garansi uang kembali jika rangkaian charger aki otomatis tidak bekerja.

Baca Juga: Rangkaian Charger Aki Otomatis Terbaru dan Full Otomatis Arus Maksimal 200 AH

Jika anda memerlukan sebuah unit charger yang siap pakai. Kami menyediakan charger aki otomatis full indikator tegangan digital dengan kapasitas arus mulai dari 5 A – 20 A dengan tegangan 12 V dan 24 V otomatis cut-off.

Silahkan hubungi kami di 085 88 88 33 589,kami juga melayani pembuatan berbagai macam trafo mulai dari 5 A sampai 200 A, melayani pembuatan inverter dc ke ac dari kapasitas daya 500 W sampai 10.000 Watt.

Charger Aki Otomatis dengan Relay

Charger Aki Otomatis Mobil dan Motor

 

Jika anda ingin memiliki kit atau modul inverter berkualitas rakitas dan murah silahkan klik – Jual Kit Inverter berbagai daya berkualitas

Jasa Pembuatan Rangkaian Charger Aki Otomatis
Written by: admin
Rating: 4.8
65 Comments
  1. johnlucksinaga@yahoo.co.id'
      • samsul1280@gmail.com'
  2. prasitio@yahoo.com'
  3. shinchandil@yahoo.co.id'
  4. upenggtl@gmail.com'
  5. deniraga@gmail.com'
  6. end.padilah@live.com'
  7. ned.padilah@gmail.com'
  8. m.nuril71@gmail.com'
  9. setiawan_awan81@yahoo.co.id'
      • setiawan_awan81@yahoo.co.id'
  10. ardyromeo88@gmail.com'
  11. ariwibowo8835@gmail.com'
  12. orieliz87@gmail.com'
  13. nugaputrantijo@gmail.com'
  14. muchammadmuhajir@gmail.com'
  15. samsul1280@gmail.com'
  16. yopy_himawan@yahoo.com'
  17. yayas_habibi@yahoo.co.id'
  18. husin50@yahoo.com'
  19. husin50@yahoo.com'
    • 5ltqzy7p4f@hotmail.com'
  20. abahfuzie@gmail.com'
  21. lya.badriah@gmail.com'
  22. zuhdizulkarnain@gmail.com'
  23. amarfantasi@gmail.com'
  24. havinbest@gmail.com'
  25. priyono_affan@yahoo.co.id'
  26. wayanwarda12@gmail.com'
  27. prekatenaya@gmail.com'
  28. idie.jt@gmail.com'
  29. akununlimited@gmail.com'
  30. samsupacitan@yahoo.co.id'
  31. burhanabdullohtentararevolusi@gmail.com'
  32. mbahmeyeng84@gmail.com'
  33. dpinayungan@gmail.com'

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.