fbpx
Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Panduan Awal Belajar Bahasa Pemrograman | Algoritma

Algoritma dan Teknik Penyelesaihan Masalah

Panduan awal belajar bahasa pemrograman untuk pemula dan baru melangkah untuk membuat program komputer. Landasan awal belajar bahasa pemrograman ini penting untuk dipahami sebelum melangkah lebih jauh. Untuk membuka konsep awal pemrograman silahkan simak cerita berikut ini.

belajar bahasa pemrograman

Anda diminta tolong untuk menghubungi seseorang menggunakan HP anda. Langkah-langkah yang anda lakukan adalah

  1. Membuka kunci layar
  2. Memasukkan password atau kode pengaman
  3. Membuka menu
  4. Membuka aplikasi kontak
  5. Mencari nama yang akan dihubungi
  6. Mulai menghubungi sesuai nama
  7. Berdering, dan menerima panggilan, dan seterusnya

Dan seterusnya . . . masih banyak langkah-langkah yang tidak terlihat tetapi umumnya anda pasti melakukan proses di atas. Nah proses atau langkah-langkah ini sudah pasti dan sistematis/berurutan. Itulah pemrograman yang merupakan proses yang pasti menggunakan logika dan matematika. Langkah-langkah logis dan sistematis yang berurutan ini kita sebut dengan algoritma.

Contoh kasus lainnya agar anda paham bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita sudah menerapkan konsep dasar pemrograman algoritma misalnya saat anda membuat kopi atau memasak makanan dengan resep. Coba perhatikan langkah demi langkah cara membuat kopi.

  1. Siapkan air dalam panci
  2. Nyalakan kompor
  3. Panaskan air sampai mendidih 100 derajat celcius
  4. Siapkan gelas
  5. Isi kopi dan gula secukupnya
  6. Tuangkan air panas ke gelas
  7. Aduk kopi dan gula sampai rata
  8. Siap dihidangkan

Langkah-langkah tersebut harus berurutan, walaupun bisa saja siapkan kopi dulu baru memasak air tapi tidak keluar dari urutan di atas. Setidaknya pikiran kita sudah terprogram di dalam otak untuk melakukan langkah di atas. Nah program di otak tersebut sama dengan program yang nanti kita pelajari. Hanya saja programnya melalui media komputer dan tentu saja menggunakan bahasa yang dikenali oleh komputer juga.

Untuk memudahkan kita nanti membuat program terlebih dahulu kita pahami cara membuat algoritma yang sederhana. Yukk kita mulai dari pengertian algoritma.

Apa itu algoritma?

Algoritma adalah langkah-langkah sistematis / berurutan dan logis untuk memecahkan suatu masalah (dalam pemrograman komputer). Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya sudah banyak penerapan algoritma tanpa kita sadari. Memecahkan setiap permasalahan harus disertai fakta dan data. Sebelum mengambil sebuah keputusan disetiap permasalahan harus berdasarkan data masukan atau data.

belajar bahasa pemrograman

Demikian pula dalam algoritma pemrograman, komputer akan mengambil setiap keputusan berdasarkan data yang kita masukkan ke kemputer. Seperti saat ini anda sedang memegang HP dan geser-geser layar ke atas dan ke bawah yang merupakan inputan/masukan oleh jari anda. Dan HP anda merespon dengan menggeser pula layar anda sesuai permintaan jari anda.

Sebagai bonus saya berikan tips langkah-langkah penyelesaihan masalah menurut George Polya yaitu:

  1. Memahami masalah
  2. Merencanakan pemecahan
  3. Melaksanakan rencana
  4. Melihat kembali

Selengkapnya silahkan kunjungi artikel ini ya http://dianiveby.blogspot.com/2012/06/4-langkah-penyelesaian-masalah-menurut.html.

Melatih Pemahaman Anda!

Tentunya sangat banyak permasalahan yang sering kita temui dalam keseharian kita, saya contohkan banyaknya sampah yang berserakan walupun disampingnya ada tempat sampah. Kita sebagai generasi penerus harus peka terhadap semua permasalahan yang bisa kita selesaikan.

Saya coba selesaikan masalah di atas dengan langkah George Polya.

  1. Memahami masalah, sampah berserakan karena tempat sampahnya ternyata kepenuhan.
  2. Merencanakan pemecahan, jika ditambahkan beberapa tempat sampah mungkin sampah tidak akan berserakan (hipotesa).
  3. Melaksanakan rencana, ditambahkan 2 tempat sampah dengan ukuran yang lebih besar dan dibedakan organik dan non organik.
  4. Melihat kembali, setelah tempat sampah ditambah apakah sampah masih berserakan? Perlu data lapangan lagi, dan jika masih berserakan kembali ke langkah awal lagi sampai permasalahan terselesaikan.

LATIHAN: Temukankan beberapa permasalahan disekitarmu dan pecahkan masalahh tersebut menggunakan teori George Polya seperti contoh.

 

Selanjutnya kita fokuskan pembahasannya tentang Algoritma Pemrograman komputer dan Flochart sebelum kita memulai belajar bahasa pemrograman komputer.

 

0Shares

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.