fbpx
Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Panduan Awal Belajar Bahasa Pemrograman Bagian 2 | Algoritma Pemrograman & Flowchart

Sebelum memulai membaca artikel ini sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk membaca Panduan Awal Belajar Bahasa Pemrograman | Algoritma

Apa itu Algoritma Pemrograman?

Setelah belajar pengertian algoritma secara umum dan teknik pemecahan suatu masalah di artikel bagian 1 tentunya anda sudah memiliki semangat untuk mencoba menyelesaikan suatu permasalahan terkait menggunakan program komputer.

algoritma pemrograman

Algoritma Pemrograman adalah angkah-langkah sistematis / berurutan yang didalamnya terdapat logika dan matematika untuk memecahkan suatu masalah dalam pemrograman komputer dan divisualisasikan menggunakan flowchart.

Saat ini komputer merupakan suatu keharusan dan menjadi bagian primer dalam pengambilan keputusan sehingga pekerjaan kita menjadi lebih cepat. Karena begitu banyaknya proses yang dilakukan oleh program komputer, perancang program atau kita sebut programer memerlukan blueprint / ringkasan singkat jalannya sebuah program.

Misalnya, seorang programer yaitu anda salah satu calon programer akan membuat program matematika untuk menghitung Luas Segitiga sama sisi. Tujuannya tidak lain agar proses perhitungan lebih cepat dan efesien daripada menggunakan kalkulator. Bagaimana algoritma pemrograman nya?

algoritma pemrograman

Algoritma Pemrograman Narasi / bahasa sehari-hari

Langkah 1. Tentukan dulu permasalahan yang harus dipecahkan. Seperti contoh di atas adalah menghitung Luas Segitiga sama sisi.

Langkah 2. Tentukan data masukan atau inputan. Untuk menghitung Luas Segitiga sama sisi memerlukan data Alas dan Tinggi. Misalnya data Alas adalah 10 dan data Tinggi adalah 8. Perlu diingat untuk setiap solusi masalah memerlukan data awal berupa inputan.

Langkah 3. Mulai membuat Algoritma Narasi seperti berikut:

  1. Diketahui data Alas adalah 10
  2. Diketahui data Tinggi adalah 8
  3. Hitung dengan rumus Luas Segitiga sama sisi Luas = 1/2 x Alas x Tinggi
  4. Hasil Perhitungan Luas adalah 40

Algoritma Pemrograman Pseudo Code

Bagaimana bentuk Algoritma Pemrograman Pseudo Code nya?

  1. Program mulai
  2. Nilai Alas = 10
  3. Nilai Tinggi = 8
  4. Hitung Luas = 1/2 * Alas * tinggi
  5. Tampilkan Luas = 40
  6. Program selesai

Algoritma Pemrograman Flowchart

Flowchart adalah diagram alir yang berbentuk bagan/simbol/gambar untuk memvisualisasikan algoritma pemrograman. Berikut adalah bentuk flowchart dari kasus di atas.

algoritma pemrograman

Sampai disini apakah anda sudah memahami urutan penyelesaian masalah menggunakan algoritma dan flowchart? Yuk tes pemahaman anda sekarang.

LATIHAN: Buatlah algoritma pemrograman untuk menghitung volume bak mandi jika setelah diukur panjang 5, lebar 5 dan tinggi 4. Jika volume bak mandi lebih besar dari 150 maka bak mandi itu terlalu besar dan jika kurang dari 150 maka bak mandi itu standar. Buatlah algoritma narasi, pseudo code dan flowchart dari permasalahan di atas.

Selanjutnya adalah bagaimana cara membuat flowchart dengan media online yaitu https://app.diagrams.net.

 

0Shares

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.