Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Pemrograman Mikrokontroler AVR

Pemrograman Mikrokontroler AVR

pemrograman mikrokontroler

Belajar pemrograman mikrokontroler AVR mudah jika anda tahu caranya. Apapun jika sudah mengetahui caranya tentu semuanya mudah. Agar lebih mudah yuk baca informasi selanjutnya tentang pemrograman mikrokontroler.

Pemrograman mikrokontroler menggunakan software mikrokontroler seperti Code Vision AVR, BASCOM, AVR Studio. Software mikrokontroler ini khusus untuk mikrokontroler keluarga AVR. Bahasa pemrograman mikrokontroler yang sering dipakai adalah bahasa pemrograman mikrokontroler C/C++ dan BASIC.

Pengertian Mikrokontroler Keluarga AVR

Pengertian mikrokontroler dapat saya uraikan menjadi 2 yaitu mikro dan kontroler. Mikro artinya kecil dan kontroler artinya pengolah atau pengendali. Jika saya gabung pengertian mikrokontroler adalah sistem pengendali mikroprosesor lengkap dengan komponen pendukung RAM, ROM, Memori, I/O dalam satu chip kecil. Saya boleh katakan mikrokontroler adalah sebuah mini komputer yang digunakan untuk keperluan terbatas.

Jenis-jenis mikrokontroler menurut perusahaan pembuatnya seperti:

  1. AVR
  2. ARM
  3. PIC
  4. MCS51
  5. INTEL
  6. Microchip
  7. National Semiconductor
  8. Philip
  9. dll

Keluarga mikrokontroler AVR paling terkenal di Indonesia karena software pendukung yang lumayan lengkap dan gratis. Bahasa pemrograman mikrokontroler pun menggunakan bahasa C yang mudah untuk dipelajari.

Perbedaan Mikroprosesor dan Mikrokontroler

Perbedaan mikroprosesor dan mikrokontroler dapat saya jelaskan secara sederhana sebagai berikut. Mikroprosesor terdapat di dalam mikrokontroler dan mikrokontroler mempunyai prosesor yang disebut mikroprosesor di dalamnya. Intinya mikroprosesor hanya terdiri dari ALU, CU, RU yang digunakan untuk logika pengolah data.

Mikroprosesor tidak dapat berdiri sendiri agar dapat bekerja memproses data. Mikroprosesor masih memerlukan komponen pendukung lainnya seperti RAM, ROM, Input Output, memori. Sedangkan mikrokontroler adalah pengendali yang dapat berdiri sendiri dalam suatu chip tanpa komponen pendukung lainnya karena di dalamnya sudah tertanam mikroprosesor, RAM, ROM, memori, I/O dll.

Pemrograman Mikroprosesor dan pemrograman mikrokontroler sama-sama menggunakan bahasa pemrograman C atau BASIC.

Fungsi Mikrokontroler Pada Peralatan Kontroler

Fungsi mikrokontroler sangat banyak aplikasinya. Hampir semua peralatan elektronik digital menggunakan mikrokontroler sebagai pengendalinya. Peralatan yang sering kita lihat pada kehidupan sehari-hari seperti:

  1. AC
  2. Televisi
  3. Kulkas
  4. Mesin cuci
  5. Kipas angin
  6. Water heater
  7. CCTV
  8. ECU kendaraan motor mobil
  9. dll

Saya ambil contoh yang pertama peralatan AC (pendingin ruangan). Jika saya bedah di dalam AC  terdapat sensor suhu, motor steper, infra merah (remote) yang semuanya ini dikendalikan dengan menggunakan mikrokontroler. Anda juga bisa membuat sebuah program untuk mengendalikan AC menggunakan pemrograman mikrokontroler dan tentunya chip mikrokontroler. Mungkin lain kali akan saya bahas secara detail tutorial cara pemrograman mikrokontroler AVR.

Jenis-jenis Mikrokontroler AVR

Jenis-jenis mikrokontroler AVR sangatlah banyak dari generasi ke generasi. Dari laman wikipedia saya sadur berdasarkan klasifikasi bidang teknologi penggunaannya.

Cara Kerja Mikrokontroler

Cara kerja mikrokontroler saya analogikan seperti manusia utuh. Otak manusia adalah mikroprosesornya atau pengolah datanya, tangan kaki mata telingan adalah komponen input outputnya. Mikrokontroler membaca data dari sensor baik itu sensor panas, kelembaban, ultrasonik, gas, cairan, dll yang selanjutnya merupakan komponen input. Selanjutnya sensor akan diolah dan dianalisa oleh CPU sesuai program yang kita tanamkan kepadanya.

Hasil analisa akan digunakan untuk menggerakkan motor-motor, lampu, relay, layar monitor dll. Sama seperti sebuah komputer anda di rumah hanya saja mikrokontroler lingkupnya lebih khusus misalnya untuk pengendali inverter pure sine wave dan charger aki otomatis.

Software Mikrokontroler

Software mikrokontroler yang biasa saya pakai adalah:

  1. Code Vision AVR
  2. AVR Studio
  3. BASCOM Compiler

Contoh Flowchart Program

Berikut adalah contoh flowchart program mikrokontroler. Flowchart digunakan untuk memudahkan membuat code program secara berurutan. Gambar di bawah adalah bentuk flowcart dan contoh pemrograman menggunakan code vision avr.

Demikian artikel ini saya buat, sedikit pengenalan tentang dasar mikrokontroler. Selanjutnya akan saya bahas bagaimana cara belajar pemrograman komputer menggunakan software yang mudah dipahami.

Pemrograman Mikrokontroler AVR
Written by: admin
Rating: 4.8

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.