iklan banner web
Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Rangkaian Inverter DC ke AC dengan tegangan output stabil 220V pure sine wave

Rangkaian Inverter DC ke AC dengan tegangan output stabil 220V

Salam kreatif sobat muda, tahukah anda bahwa tegangan PLN sering padam, bahkan di pedalaman seperti Irian Jaya, Kalimantan, Sulawesi yang sulit diakses oleh listrik harus bergiliran memakai listrik dan sering terjadi pemadaman. Sobat kreatif, dengan perkembangan teknologi yang semakin hebat kita bisa menciptakan tenaga listrik cadangan seperti yang akan kita kupas di artikel ini. Penghasil listrik ini kita namanya inverter dc ke ac yang memanfaatkan sumber listrik dc atau listrik searah seperti baterai, aki atau solar panel / sel surya. Seperti apa cara kerja rangkaian inverter dc ke ac ini, mari lihat ke paragraf berikutnya.

Skema Rangkaian Inverter DC ke AC

Rangkaian inverter dc ke ac terdiri dari beberapa bagian dan membentuk sebuah sinyal sinus seperti sinyal listrik PLN yaitu 220VAC dengan frekuensi 50Hz.

rangkaian inverter dc ke ac

 

Rangkaian inverter dc ke ac di atas terdiri dari:

  1. Rangkaian osilator yaitu sebagai pembangkit frekuensi sinus
  2. Rangkaian diferensial  (Q1 dan Q2) yang digunakan untuk menguatkan sinyal sebelum masuk ke rangkaian driver
  3. Rangkaian driver (Q3 – Q5) yang memecah sinyal positif dan sinyal negatif sebelum dikuatkan oleh rangkaian power atau final
  4. Rangkaian power atau final yang berfungsi sebagai penguat sinyal agar lebih besar. Rangkaian ini menggunakan mosfet yang disusun secara parallel. Semakin banyak mosfet di final nya semakin besar daya inverter anda, dengan catatan sesuai dengan kapasitas aki.
  5. Transformator step-up sebagai penaik tegangan bolak-bai atau arus AC dari 24Vac menjadi 220Vac.

Cara kerja dari rangkaian inverter dc ke ac ini sama seperti penguat amplifier OCL, jika anda perhatikan lagi gambar di atas bahwasanya rangkaian yang dipakai adalah rangkaian power amplifier OCL. Hanya saja di bagian akhir outputnya bukan speaker tetapi sebuah tranformator penaik tegangan. Prinsif dasar inverter dc ke ac adalah di penaik tegangan tranformator ini dimana jika primernya diberikan arus bolak-bali maka bagian sekundernya akan terinduksi arus bolak-balik dengan tegangan yang berbeda sesuai dengan lilitannya.

Demikian uraian singkan tentang rangkaian inverter dc ke ac, namun jika anda ingin mencobanya kita sarankan agar ditemani atau dibimbing oleh praktisi yang berpengalaman atau anda ingin mencobanya sendiri juga kita tidak melarang, resiko ditanggung penumpang. Jika anda tidak ingin ribet membuat dan riset lagi tentang inverter dc ke ac ini maka kami sediakan inverter yang sudah jadi dan didukung oleh AVR. AVR adalah automatic voltage kontroller yang berfungsi mengontrol tegangan output 220VAC agar tetap stabil saat dikasi beban. Kebanyakan inverter yang dijual di pasaran tidak stabil dan efisiensinya kurang dari 70%.

Ingin mengetahui lebih lengkap tentang inverter kami silahkan kunjungi artikel kami di sini:

Inverter DC ke AC terbaik

Baca juga Rangkaian Kit Charger Otomatis untuk cas aki anda

Jual Kit Inverter berbagai daya berkualitas

Info lebih lengkap silahkan menghubungi call center kami di 085 88 88 33 589

6 Comments
  1. deddy_ischandar@ymail.com'
  2. deddy_ischandar@ymail.com'
  3. deddy_ischandar@ymail.com'
  4. wid_sebelas@yahoo.com'

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *