Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Rangkaian Pengisi Baterai Otomatis

AWAS………..”Saya akan galau kalau tidak ada charger untuk HP saya”

Mungkin kata-kata di atas merupakan sepenggal kata yang terucap saat baterai HP anda lemah atau istilahnya “LowBat”. Saat ini penggunaan HP khususnya smartphone tidak lagi hanya sebatas sebagai perangkat komunikasi SMS atau Telpun saja tetapi sudah beralih ke Online dan sebagai Personal Komputer Probadi anda layaknya PDA. Sebagai besar dari hari-hari anda akan ditemani oleh perangkat ini dimanapun dan kapanpun. Masalah lain timbul saat baterai anda tidak cukup tahan lama. Munculnya ide untuk membuat Power Bank seperti charger portable yang bisa dibawa kemana-mana. Karena banyaknya yang ingin membuat powerbank kecil maka kali ini saya membahas tentang Cara Membuat rangkaian pengisi baterai otomatis selain harga lebih murah dan cukup efektif untuk membackup baterai HP anda. Yukk simak artikel di bawah ini….

skema rangkaian power bank

Bagaimana cara kerja rangkaian pengisi baterai otomatis?

Bagi anda para master elektronika tentunya bukan hal yang sulit untuk mengertikan rangkaian pengisi baterai otomatis paga gambar di bawah ini. Silahkan perhatikan rangkaian pengisi baterai otomatis berikut.

rangkaian pengisi baterai otomatis

Cara kerja rangkaian pengisi baterai otomatis ini bekerja saat baterai sudah penuh yaitu sekitar 6.8 Volt (biasanya baterai HP 5.7 V dan charger lebih besar dari nilai tersebut) maka basis transistor akan mendapatkan trigger dari zener 6v8 karena sener mencapai tegangan breakdown. Transistor disini berfungsi sebagai saklar ON dan OFF. Saat mendapat trigger saklar ON dan secara otomatis menghubungsingkatkan kolektor dengan emitor ke ground sehingga arus di output dengan cepat turun yang artinya pengisian berhenti. Nah ketika tegangan baterai HP anda mulai drop lagi sampai misalnya 4 volt maka transistor akan OFF dan arus pengisian berjalan lagi dan demikian seterusnya. Bagaimana cukup sederhana bukan.

Bagaimana membuat rangkaian power bank?

Anda sudah membaca artikel di atas saatnya menambah wawasan anda lagi yaitu bagaimana membuat skema rangkaian power bank. Saat ini power bank sedang sangat dibutuhkan oleh seluruh pengguna smartphone. Tanpa alat ini kita akan keteteran dibuatnya. Nah bagaimana cara membuat rangkaian power bank ini? silahkan simak rangkaian di atas lagi. Jika saat membuat rangkaian pengisi baterai otomatis input tegangan berasal dari trafo maka dalam kasus ini rangkaian power bank diganti baterai dengan kapasitas 9 v – 10 v. Output dari rangkaian menuju ke hanphone anda. Sudah selesai, hanya itu saja. Kelebihan dari rangkaian ini adalah adanya penguatan arus sampai 3 A karena terdapat sebuah transistor sebagai penguat arusnya. Jadi dengan rangkaian sederhana ini anda sudah mampu membuat rangkaian power bank dengan arus yang besar sehingga pengisian atau proses cas HP anda lebih cepat.

Demikian ulasan singkat dari saya semoga bermanfaat.

Baca juga:

– Kit Charger Aki Otomatis

 

SILAHKAN PESAN MELALUI FORM BERIKUT ATAU SMS KE 085 8888 33 589 [NAMA_ALAMAT_JUMLAH-ORDER]

[vfb id=5]

Salam Kreatif

Rangkaian Pengisi Baterai Otomatis
Written by: admin
Rating: 4.8

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.