fbpx
Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Cara Membuat Inverter Sinus 3 Phase Arduino

Cara membuat inverter sinus 3 phase penulis angkat karena suatu saat pasti dibutuhkan inverter ini khususnya untuk sumber daya motor 3 phase. Inverter jika penulis terjemahkan secara bahasa artinya pembalik, dalam hal ini yang dibalik adalah jenis arusnya. Dari arus searah contohnya aki dan baterai menjadi arus bolak-balik seperti listrik PLN dirumah anda.

Apa itu listrik bolak-balik 3 phase?

Dari lama situs wikipedia menyebutkan, Arus bolak-balik (AC/alternating current) adalah arus listrik di mana besarnya dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik. Berbeda dengan arus searah di mana arah arus yang mengalir tidak berubah-ubah dengan waktu. Bentuk gelombang dari listrik arus bolak-balik biasanya berbentuk gelombang sinusoida, karena ini yang memungkinkan pengaliran energi yang paling efisien. Namun dalam aplikasi-aplikasi spesifik yang lain, bentuk gelombang lain pun dapat digunakan, misalnya bentuk gelombang segitiga (triangular wave) atau bentuk gelombang segi empat (square wave).

cara membuat inverter 3 fase

Listrik 3 Phase adalah jaringan listrik yang menggunakan tiga kawat Phase (R,S,T) dan satu kawat neutral (N) atau sering dibilang kawat ground. Menurut istilah Listrik 3 Phase terdiri dari 3 kabel bertegangan listrik dan 1 kabel neutral. Umumnya listrik 3 Phase bertegangan 380 volt yang banyak digunakan Industri atau pabrik.

Listrik 3 fasa adalah listrik AC (Alternating Current) yang menggunakan 3 kawat penghantar yang mempunyai tegangan pada masing-masing Phasenya sama, tetapi berbeda dalam sudut curvenya sebesar 120 derajat. Sumber: engineeringmasakini.wordpress.com

cara membuat inverter sinus 3 phase

Bagaimana cara membuat inverter sinus 3 phase menggunakan arduino?

Cara membuat inverter sinus 3 phase sama halnya dengan inverter sinus 1 phase bedanya hanya adanya penambahan 2 sinyal yang berbeda sudut 120 derajat. Kuncinya di beda phasenya ini. Bisa diihat gambar berikut perbedaan phasenya.

Bisa dilihat pada gambar di atas terdapat 3 gelombang yang berbeda phasenya. Untuk membuat 1 gelombang pada arduino kita memerlukan 2 buah timer karena gelombang atas dan bawah kita pisahkan. Jadi jika menggunakan 3 gelombang memerlukan 6 buah timer untuk mengeluarkan sinyal PWM.

Karena arduino uno yang merupakan arduino basic hanya mempunyai 3 timer maka diperlukan jenis arduino yanglain. Salah satunyaarduino mega 2560 yang mempunyai 5 timer dan 15 pin PWM. Nanti akan penulis update bagaimana membuat rangkaian inverter sinus 3 phase beserta code dasarnya.

 

Cara Membuat Inverter Sinus 3 Phase Arduino
Written by: admin
Rating: 4.8

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.