fbpx
Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Cara membuat Program RFID Sederhana Arduino

Cara membuat program RFID sederhana dengan menggunakan library yang simple dan familliar untuk programer awal. RFID merupakan salah satu sensor proximity yang mengandalkan radio komunikasi pada jalur 13.56 MHz untuk tipe RFID-RC522. Bahkan E-KTP yang kita terima ternyata memanfaatkan teknologi RFID. Bisa kita buktikan ditempat gelap, salah satu sisinya diterangi lampu flash. Kita akan melihat chip dan kawat yang dililit melingkari sudut kartu E-KTP.

Bagi orang awam tentu ini sangat canggih sekali, tetapi seorang engineering teknologi ini sudah lumrah digunakan pada kehidupan sehari-hari. Selain E-KTP, program RFID digunakan untuk name tag, e-tol, kartu game di mall, kunci mobil-motor dan lain sebagainya.

Cara kerja program RFID Sederhana

Cara kerja program RFID sederhana secara umum bisa kita jelaskan sebagai berikut, program RFID reader atau pembaca kartu RFID mengirimkan sinyal radio atau broadcast sinyal dengan radius 1 – 5 cm. Ketika ada kartu program RFID mendekat, kartu akan menerima sinyal tersebut sekaligus mengubah sinyal ini menjadi power supply untuk kartu. Sinyal ini membawa energi untuk supply kartu sehingga mengaktifkan data pada kartu dan mengirim balik sinyal data dari kArtu menuju ke RFID reader.

Kode yang ada pada kartu akan diterima reader dan selanjutnya diterjemahkan menjadi angka-angka biasanya seperti ini “96 121 25 168 168”, ada 5 desimal dalam 1 kartu. Berikut datasheet dari MFRC522 https://www.nxp.com/docs/en/data-sheet/MFRC522.pdf

Cara membuat program RFID sederhana menggunakan arduino

Cara mudah untuk membaca data kartu RFID menggunakan arduino karena librarynya juga sudah ada siap pakai. Silahkan download library RFID nya klik disini RFID. Selain itu biasanya sudah tersedia library pada arduino IDE yaitu SPI.h dan Wire.h. Silahkan rangkai sesuai gambar dan copy code setelahnya. Selamat berkarya.

program rfid sederhana

 

#include <SPI.h>
#include <RFID.h>
#define SS_PIN 10
#define RST_PIN 9
RFID rfid(SS_PIN,RST_PIN);

void setup() {
Serial.begin(9600);
SPI.begin();
rfid.init();
}

void loop() {

if(rfid.isCard()){
if(rfid.readCardSerial()){
Serial.print(rfid.serNum[0]);
Serial.print(" ");
Serial.print(rfid.serNum[1]);
Serial.print(" ");
Serial.print(rfid.serNum[2]);
Serial.print(" ");
Serial.println(rfid.serNum[3]);
}
rfid.halt();
}
}

0Shares
Cara membuat Program RFID Sederhana Arduino
Written by: admin
Rating: 4.8

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.