fbpx
Produk Unggulan Temukan produk unggulan kami di sini Find out More

Rangkaian Sensor Gerak PIR Menggunakan Listrik 220 VAC

rangkaian sensor gerak

Rangkaian sensor gerak PIR sensor

Rangkaian sensor gerak PIR atau passive infrared sensor merupakan komponen pendeteksi panas tubuh manusia saat ada perubahan gerakan. Pemanfaatan sensor PIR dalam keseharian bisa kita temui di minimarket, portal otomatis, dan saat ini, saat tulisan ini dibuat digunakan pada bilik disinfektan. Cara kerjanya cukup sederhana, rangkaian sensor PIR ini mendeteksi ada perubahan level panas tubuh karena gerakan maka PIR akan mengeluarkan sinyal 3 – 5V.

Rangkaian sensor gerak PIR banyak digunakan dalam pembelajaran sensor di sekolah. Selain sensor PIR ada 2 jenis lagi yaitu sensor active infrared sensor dan ultrasonik infrared sensor. Semuanya menggunakan rangkaian sensor gerak hanya perbedaannya jika AIS mendeteksi cahaya sedangkan UIS mendeteksi perubahan sinyal berfrekuensi tinggi yang dipantulkan seperti kelelawar.

Karena rangkaian sensor gerak ini merupakan projek yang murah dan simple maka saya tidak menggunakan arduino sebagai pengolah datanya. Rangkaiannya cukup menggunakan sebuah transistor sebagai pemicu relay dan rangkaian transformerless untuk menurunkan tegangan 220 vac menjadi 12 v. Rangkaian sensor ini tanpa baterai atau supply dc tapi langsung ke jala-jala PLN seperti saklar lampu biasa hanya saja diaktifkan melalui gerakan tubuh.

Gambar rangkaian sensorĀ  gerak langsung 220 vac

Langsung saja berikut adalah gambar rangkaian sensor gerak melalui jala-jala PLN langsung tanpa baterai ataupun arduino.

rangkaian sensor gerak

Rangkaian sensor gerak ini diposting oleh website codrey.com dan rangkaian ini berkerja walau ada sedikit modifikasi komponen.

Fungsi transformerless ini yang perlu anda ketahui, terutama pemakaian kapasitor mylar dengan tegangan kerja 400v 105nf. Semakin besar nilai kapasitansinya semakin besar arus yang dialirkan dan begitu juga sebaliknya. Mohon diperhatikan beban relaynya, berapa estimasi arus yang disedotnya. Karena jika kekurangan arus relay tidak mau bekerja secara optimal. Saran saja usahakan memakai kapasitor dengan nilai 105, 205 atau lebih.

Selanjutnya dioda bridge atau dioda biasa diparalel juga tidak ada masalah. Pakai dioda 1A atau lebih untuk mendrive relay sudah cukup. Setelah disearahkan perlu regulator zener dan sebuah kapasitor elektrolit. Hanya itu inti dari rangkaian ini, dari sensor PIR ke relay itu merupakan rangkaian lumrah untuk sistem saklar elektronik.

Catatan penting walaupun rangkaian sensor ini sudah disearahkan dan diturunkan tegangannya tetapi rangkaian ini tidak boleh dipegang selama aktif karena masih ada shock hazard, frekuensi tingginya. Tetapi modul sensor PIR aman aman saja menggunakan rangkaian ini.

Selamat mencoba rangkaian yang simpel mudah dan murah ini, semoga menjadi menambah ilmu dan inspirasi anda untuk berkarya.

0Shares

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.